DESAIN PEMDOLAN GRAFIK
Nama: Ibnu Wildan
Kelas: 3IA14
NPM: 54413183
1.Nama Perusahaan
Makna ladi roogo Ford:
Logo
mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang
ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun. Bentuk huruf ini
diperkenalkan Harold Will, rekan dekat Henry Ford. Ketika remaja,
Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk
perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang
digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama. Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford.
Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo
terakhir oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor
Company.
2. Prefix
(huruf depan) perusahaan
Makna dari
logo Nortwest Airlines:
Ini digunakan untuk menjadi Logo Northwest Airlines sebelum
pada 2003. Sederhananya, logo ini dirancang dengan baik dengan memanfaatkan
ruang negatif untuk menyampaikan huruf ‘N’ dan ‘W’ pada waktu yang sama.
Segitiga ditempatkan di ring juga menyarankan citra kompas, dengan segitiga
menunjuk ke arah barat laut.
3.Kombinasi Nama dan Prefix
Makna
dari logo Facebook:
Facebook mempunyai arti huruf F memiliki makna nilai keterbukaan, dan
putih merupakan lambang kesucian. Keterbukaan yang dimaksud oleh Facebook
adalahinteraksi dan koneksi secara global. Kemudian persegi warna biru adalah
warna yang mumpunyai arti universalitas, disamping terbuka, lambang facebook cantik juga bersifat universal. Facebook
berhasil dalam memenempatkan fungsi global dunia maya menjadi salah satu sistem
kehidupan sosial yang cukup berpengaruh dan mendapat sambutan oleh masyarakat
dunia.
4.Kombinasi Nama dan Grafik
Makna dari logo toblerone:
Logo Toblerone adalah jauh lebih kompleks daripada Hershey.
Jika anda melihat logo tersebut secara biasa anda hanya akan melihat gunung,
namun jika anda melihat secara dekat anda akan melihat beruang juga. Alasan
untuk ini adalah karena perusahaan coklat Swiss berasal dari kota Bern, Swiss
yang juga dikenal sebagai Kota Bears.
5.Implikasi Perusahaan
Makna dari logo Garuda Indonesia:
Garuda Indonesia, maskapai penerbangan
nasional Indonesia memiliki logo yang unik dan mudah diingat. Dikabarkan
pembuatan logo ini menghabiskan dana 6 Milyar Rupiah, pembuatnya adalah
Creative agency Dentsu Strat. Kepala burung Garuda (lambang negara RI), 5 “bulu
sayap” melambangkan Pancasila dan “Garuda is committed to respecting nature
while celebrating the beauty of their national assets and rich Indonesian
culture” .
Bila ditinjau dari
segi konsep abstraksi, logo Garuda Indonesia mengandung semua konsep dari
abstraksi itu sendiri. Ditinjau dari konsep Simplification , bentuk burung garuda dimana
terjadi penyederhanaan bentuk . Burung Garuda yang hanya diwakili dengan kepala
dan sayap . Ditinjau dari konsep Repetition , sayap burung garuda dibuat
berulang-ulang sehingga terbentuk sebuah sayap. Ditinjau dari konsep Line
and Shape ,
bentuk kepala burung garuda , walaupun bentuk sederhana tetapi memberi kesan
kepada pembaca bahwa bentuk itu adalah kepala burung. Ditinjau dari konsepType Combination , tulisan Garuda Indonesia
menguatkan makna dari logo, dimana gambar logo adalah gambar burung Garuda
Indonesia , dan tulisan The Airline of Indonesia menguatkan makna logo , dimana
logo di atas adalah logo dari perusahaan pesawat terbang di Indonesia.
6.Tujuan Perusahaan
Makna dari logo Unicef:
Tujuan utama unicef untuk
meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan anak-anak serta ibu-ibu, memastikan
bayi-bayi mempunyai awal hidup yang baik, memajukan pendidikan bagi anak-anak
perempuan, melindungi anak-anak dan wabah penyakit dan menjaga kesehatan mereka
khususnya di negara-negara berkembang. UNICEF juga berusaha mencegah penyebaran
HIV/AIDS di kalangan generasi muda dan mencoba mengurangi penderitaan akibat
bencana alam dan peperangan.
Logo ibu dan anak di dalam lingkaran yang berbentuk seperti
bumi,melambangkan kasih sayang antara sesama manusia di bumi. Lambanang padi
tersebut mengartikan suatu ke sejahtraan rakyat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar